Hai Pembaca..
Kali ini blog saya membahas tentang Customer Relationship
Management. Apa itu Customer Relationship Management ?
Saya jelasin dulu yahh..
Customer Relationship Management itu
adalah suatu strategi dan system yang bertujuan untuk mendapatkan,
meningkatkan, dan mempertahankan Customer Relationship Management. Mengapa kita
perlu menggunakan Customer Relationship Management ? karena kepercayaan Customer
Relationship Management sering kali perlu dibangun dengan memalui proses yang
tidak mudah, terutama karena timbulnya kekhawatiran adanya dampak negative dari
kemajuan teknologi yang sekarang erba online dan ketatnya kompetisi bisnis yang
kadang membuat beberapa pihak tidak peduli lagi terhadap etika bisnis. Contohnya
seperti perebutan Customer Relationship Management.
Jika kita coba review sedikit,
tidak semua pelaku bisnis yang menawarkan produknya menyadari pentingnya
pelayanan terhadap Customer Relationship Management. Dalam hal ini pun terjadi
karena beberapa alasan, antara lain bisa karena si pelaku bisnis kurang
menyadari aspek kepuasan Customer Relationship Management, bisa pula karena
merasa produk yang dijual merupakan produk yang tidak pernah sepi dari peminat,
sehingga tidak ada rasa khawatir akan ditinggal Customer Relationship Management.
Coba bayangkan sejenak seberapa
besar keuntungan yang sesungguhnya dapat terlepas begitu saja karena tidak
kepedulian kita terhadap Customer Relationship Management. Jadi, kita dapat
memposisikan diri kita sebagai pembeli yang pastinya ingin mendapat pekayanan
yang baik dari si penjua jasa.
Sekarang kita masuk kepada apa sih Customer
Relationship Management situ ?
Customer Relationship Management merupakan sebuah strategi
bisnis yang berorientasi pada Customer Relationship Management, dengan tujuan
akhir untuk memaksimalkan profit perusahaan dan kepuasan dari Customer
Relationship Management.
Customer Relationship Management adalah cara untuk
mengidentifikasi, memperoeh, dan mempertahankan pelanggan.
Dalam system Customer Relationship Management terdapat beberapa
komponen utama yaitu :
1.
Memungkinkan organisasi untuk membangun
pemahaman tentang perilaku pelanggan.
2.
Memungkinkan untuk berkomunikasi dengan
pelanggan.
Disini Customer Relationship Management memiliki strategi
yang beragam loh, baik dari sisi kompleksitasnya, mau pun ruang lingkup.
Apa saja yang dapat dihasilkan Customer Relationship
Management ? ternyata Customer Relationship Management tidak semata-mata
menanjakan Customer Relationship Management, tetapi banyak hal positif lain
yang dapat terbantu dengan adanya Customer Relationship Management , antara
lain :
1.
Dapat dilakukan analisis mengenai Customer
Relationship Management berdasarkan criteria tertentu.
2.
Informasi Customer Relationship Management dapat
disimpan pada sebuah data historical, sehingga mudah dalam pemrosesan.
3.
Dapat menampilkan warning atau reminder.
Jadi kesimpulannya, untuk meningkatkan tingkat keberhasilan,
Customer Relationship Management harus diimplemantasikan sebagai serangkaian
kerangka strategis yang haru mencapai keseimbangan antara kepuasan Customer
Relationship Management dengan keberhasilan produsen..
Sekian blog tentang Customer Relationship Management . .
Terima kasih sudah membaca..
No comments:
Post a Comment